[Infografik] Mengintip Larisnya Promosi Singles’ Day pada 11 November di Asia
Berasal dari Cina, perayaan Singles’ Day yang jatuh pada 11 November atau 11.11 telah dikenal sebagai hari belanja online di berbagai negara Asia, termasuk Indonesia. Riset dari iPrice menunjukkan bahwa traffic pengunjung Indonesia selama 11 November 2018 secara umum meningkat dibanding hari-hari lainnya, terutama pada pukul 8.00 malam.
Bahkan, data iPrice menunjukkan bahwa banyak konsumen e-commerce Indonesia rela begadang dari tengah malam demi mendapatkan promosi 11.11 yang terbaik. Riset iPrice juga menunjukkan bahwa kunjungan pada pukul 11.00 malam meningkat hingga 50 persen dibandingkan periode yang sama di bulan-bulan lainnya.
Sejumlah platform e-commerce di Asia telah memublikasikan performa mereka selama rangkaian promosi 11 November 2018, antara lain:
- Alibaba,
- Lazada,
- JD.com,
- JD.ID, dan
- Shopee.
Penasaran bagaimana dampak promosi 11.11 terhadap penjualan masing-masing platform tersebut? Mari simak infografik berikut.
Alibaba
Lebih dari 180.000 brand turut menawarkan promosi di Alibaba pada 11 November 2018; 237 dari brand tersebut berhasil mencapai total nilai penjualan kotor (GMV) lebih dari CN¥100 juta (sekitar Rp212 miliar). Sementara itu, Cainiao Network, perusahaan logistik milik Alibaba, memroses lebih dari satu miliar pengantaran pesanan selama 11 November 2018.
Platform yang memopulerkan Singles’ Day sebagai hari belanja online pada tahun 2009 ini tidak hanya menggencarkan promosi 11.11 di Cina, tetapi juga secara internasional. Lebih dari empat puluh persen konsumen melakukan pembelian dari brand internasional, terutama brand asal:
- Jepang,
- Amerika Serikat,
- Korea Selatan,
- Australia, dan
- Jerman.
Lazada
Sebagai perwakilan ekosistem Alibaba di Asia Tenggara, Lazada juga aktif memasarkan 11 November sebagai salah satu hari promosi terbesar miliknya. Lazada menawarkan lebih dari 50 juta promosi pada 11 November 2018 yang diminati oleh tidak kurang dari 20 juta pembeli. Bahkan, sekitar 1,2 juta dari pesanan tersebut masuk selama 60 menit pertama rangkaian promosi 11.11.
JD.com
JD.com melaporkan peningkatan penjualan dalam berbagai kategori produk selama promosi Singles’ Day yang mereka tawarkan dari tanggal 1 hingga 11 November 2018. Penjualan perangkat “pintar” rumahan, misalnya, mengalami peningkatan hingga empat kali lipat, mulai dari kulkas pintar, robot vacuum cleaner, hingga kursi pijat elektrik.
Selain itu, penjualan kategori fesyen berhasil menembus CN¥100 juta (sekitar Rp21,2 miliar) dalam satu menit selama promosi Singles’ Day. Kategori lain yang diminati pembeli adalah tiket penerbangan internasional dengan peningkatan 158 persen dibandingkan tahun sebelumnya.
JD.ID
Pada 11 November 2018, JD.ID yang merupakan afiliasi dari JD.com berhasil mendapat peningkatan traffic sebesar 352 persen dibanding tahun lalu, dengan pesanan terbanyak datang dari wilayah Jabodetabek. Selain itu, jumlah pesanan JD.ID Global meningkat hingga 46 kali lipat dibandingkan 11 November 2017.
Shopee
Shopee juga melaporkan peningkatan penjualan yang signifikan selama 11 November 2018. Mereka berhasil memecahkan rekor penjualan 11.11 tahun 2017 pada pukul 6.46 WIB. Selain itu, brand yang berpartisipasi mengalami peningkatan transaksi hingga 19.309 kali dan rata-rata peningkatan kunjungan hingga 300 persen.
(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)
This post [Infografik] Mengintip Larisnya Promosi Singles’ Day pada 11 November di Asia appeared first on Tech in Asia.
The post [Infografik] Mengintip Larisnya Promosi Singles’ Day pada 11 November di Asia appeared first on Tech in Asia Indonesia.
Source: Inspirasi