[Update] Kumpulan Situs Jual Beli Mobil Terbaik di Indonesia

(Update 16 Oktober 2017: Kami memperbarui daftar ini dengan menambahkan beberapa nama layanan dan menghapus nama-nama yang sudah tidak aktif lagi.)

Dari tahun ke tahun, sektor industri otomotif di Indonesia terus berkembang kian pesat. Menurut prediksi Kementerian perindustrian  penjualan mobil di negara ini diperkirakan bakal terus tumbuh hingga 2 juta unit dalam waktu lima tahun ke depan.

Peningkatan ini didukung pertumbuhan ekonomi yang stabil serta naiknya pendapatan per kapita masyarakat kota-kota besar Indonesia. Menurut data Kemenperin, pendapatan sebagian besar masyarakat hampir mendekati US$5000 atau sekitar Rp67,5 juta per tahun, sehingga mereka memiliki buying power yang lumayan, terutama untuk membeli mobil.

Melihat pasar yang tengah berkembang seperti sekarang ini, di luar sana sudah ada banyak pilihan situs jual beli mobil yang bisa membantumu menemukan mobil impian secara online. Untuk itu lewat rubrik ini, Tech in Asia telah memilihkan kumpulan situs jual beli mobil  terbaik yang bisa kamu temukan di jagat internet Indonesia.

Mobil123

Mobil 123 | Screenshot

Mobil123 merupakan salah satu marketplace otomotif terbesar di Indonesia dengan ratusan ribu listing kendaraan. Di tahun 2008 Nucky Djatmiko mendirikan layanan ini sebelum dibeli oleh iCar Asia (ICQ:ASX) asal Australia di tahun 2012.

Kantor pusat iCar Asia sendiri berada di Kuala Lumpur, Malaysia dan saat ini merupakan jaringan otomotif online terbesar di wilayah ASEAN. Bisnis lain dalam portofolio iCar Asia sendiri ThaiCar.com dan Autospinn.com di Thailand, serta Carlist.my dan LiveLifeDrive.com dari Malaysia.

Carmudi

Carmudi |Screenshot

Rocket Internet mengusung Carmudi ke Indonesia pada awal 2014. Pada saat peluncurannya, Carmudi hanya memiliki sekitar empat ribu listing kendaraan. Namun dengan dukungan dari Rocket Internet, Carmudi kini berkembang menjadi marketplace online terbesar di Indonesia untuk mobil bekas maupun mobil baru.

Carmudi sendiri bekerja sama dengan dealer lokal dan showroom mobil bekas seperti Sky Moto dan Galeri Mobile untuk menyediakan listing di situs mereka. Sebagai bagian dari Rocket Internet, Carmudi adalah merek global dengan cabang yang tersebar di negara-negara seperti Pakistan, Bangladesh, Myanmar, dan Filipina.

RajaMobil

Raja Mobil | Screenshot

RajaMobil merupakan versi online dari perusahaan retail showroom  kendaraan yang sebelumnya sudah berdiri di Indonesia. Diluncurkan pada tahun 2012 oleh dealer resmi Toyota yakni Plaza Toyota, RajaMobil tidak hanya menyediakan listing Toyota tapi juga memasukkan merek dari produsen mobil yang berbeda.

Pada bulan September 2017, RajaMobil mengubah model platformnya dari iklan baris online menjadi marketplace bagi tenaga sales yang ingin menjual inventori mereka.

Oto.com

Oto.com | Screenshot

Oto.com merupakan situs iklan baris yang bisa membantu kamu membeli kendaraan bermotor. Sebelumnya situs ini diluncurkan dengan nama Carbay yang diluncurkan di Indonesia pada Juni 2015 lalu. Selain menyediakan berbagai filter pencarian, Oto.com juga menyediakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk membandingkan mobil yang diminati, mulai dari mobil baru hingga mobil bekas.

Otosia

Otosia | Screenshot

Berawal sebagai bagian dari sub-domain KapanLagi.com, Otosia kini menjadi salah satu situs media terbesar di Indonesia. Perkembangan arus traffic pembaca Otosia yang cukup tinggi akhirnya mendorong grup media ini untuk menjadikannya sebagai portal otomotif yang berdiri sendiri.

Konten utama Otosia memang berisi tentang berita otomotif di Indonesia, tetapi situs ini memiliki sub-direktori yang berfokus memfasilitasi pembelian dan penjualan mobil baru dan bekas. Otosia menyediakan berbagai kendaraan mulai dari truk hingga mobil mewah, marketplace ini bisa menjadi one stop shop bagi Anda untuk membeli mobil.

MobilBekas

Mobil Bekas | Screenshot

Meski awalnya hadir dengan nama MobilBekas di tahun 2009, namun  marketplace otomotif terbesar di Indonesia ini juga menjual mobil baru. Di situs mereka tertulis bahwa MobilBekas kini memiliki lebih dari seratus ribu pengguna perorangan yang tersebar di berbagai wilayah seperti Jabodetabek.

MobilKamu

Mobil Kamu | Screenshot

Mobilkamu.com adalah platform online yang didirikan untuk membantu mereka yang tertarik membeli mobil baru dengan harga terbaik dengan cara paling efisien.

Startup yang mulai beroperasi sejak Mei 2015 ini telah bermitra dengan sejumlah showroom mobil besar di Jakarta. Melalui kerja sama ini, Mobilkamu bisa mencarikan harga, downpayment dan cicilan terbaik dari semua showroom di hari itu juga, dibandingkan harus mencari dan mengunjungi showroom satu per satu.

Mobilwow

Mobil Wow | Screenshot

Mobilwow merupakan salah satu dari sekian situs marketplace mobil lokal yang telah beredar di Indonesia sejak tahun 2013. Situs ini tidak hanya menyajikan direktori penjualan mobil baru dan bekas berdasarkan merek saja, tetapi juga menyediakan informasi seputar mobil hilang, serta konten berita yang ditulis oleh tim Mobilwow.

Carsome

Carsome | Screenshot

Carsome adalah startup marketplace mobil bekas asal Malaysia dengan  konsep B2C yang diklaim memberikan penawaran harga terbaik bagi konsumen otomotif di Indonesia. Kepada Tech in Asia, sang CEO Eric Cheng menyatakan kalau dalam setahun mereka bisa memfasilitasi penjualan sekitar 4,5 juta mobil, dengan pendapatan kotor sekitar US$30 juta (sekitar Rp400 miliar). Selain negara kita, Carsome sendiri juga telah tersedia berekspansi di Singapura dan Thailand.

Garasiku

Garasiku | Screenshot

Hadir sejak tahun 2016, Garasiku hadir mengakomodasi marketplace online untuk kebutuhan jual beli mobil dengan integrasi layanan kepengurusan surat administrasi, inspeksi, penawaran cicilan kendaraan, rekondisi, hingga asuransi dalam satu platform.

Untuk saat ini Garasiku hanya akan memfasilitasi penjualan kepada pembeli perorangan (sebagai pihak ketiga), namun tidak menutup kemungkinan ke depannya ada pengembangan pembelian mobil langsung sebagai pihak kedua.

Cintamobil

Cinta Mobil | Screenshot

Cintamobil adalah portal iklan baris yang menghadirkan beragam pilihan produk kendaraan roda empat bekas dengan bermacam variabel pencarian untuk dipilih, mulai dari tipe bodi mobil, merek, serta kisaran harga pembelian.

Di samping menjadi tempat marketplace online, Cintamobil juga menyediakan aneka konten seperti review kendaraan, tip dan trik,  hingga berita mobil.

Mobiloka

Mobiloka | Screenshot

Sejak hadir pada bulan Mei 2015, Mobiloka memosisikan dirinya sebagai showroom online bagi kendaraan mobil bekas yang terintegrasi dengan jasa finansial seperti asuransi dan juga kredit. Disamping menjembatani konsumen dengan ribuan listing kendaraan roda empat, portal ini juga menyediakan fungsi lain seperti rental kendaraan dengan lokasi tujuan yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

BeliMobilGue

BeliMobilGue | Screenshot

Berbeda dengan layanan lain dalam daftar ini, BeliMobilGue lebih fokus terhadap layanan pembelian mobil di tempat, di mana pihak inspektur akan datang ke rumahmu dan menawar mobilmu sesuai valuasi yang ia temukan di tempat.

BeliMobilGue sendiri ingin mengubah cara perdagangan mobil bekas di Indonesia. Startup yang baru diluncurkan pada September 2017 ini mengklaim pihaknya akan membeli mobil kamu dalam hitungan waktu satu jam.

Otobro

Otobro | Screenshot

Mantan Director of Product and Business Development KMK, Patrick Williamson mendirikan Otobro pada tahun 2016.  Startup jual beli mobil ini memberi layanan purnajual kredit dan inspeksi teknis secara komprehensif bagi konsumen Indonesia yang ingin membeli mobil baru maupun bekas.

Pada bulan Maret 2017, startup ini diakuisisi oleh Grup C88 yang bergerak di bidang layanan finansial. Melalui pembelian Otobro, grup C88 yang dikenal lewat layanan situs perbandingan produk keuangan (CekAja.com) dan asuransi (Premiro.com) tersebut kini melebarkan sayapnya di ranah otomotif.

Momobil.id

Momobil | Screenshot

Dengan desain portal yang meriah, Momobil hadir sebagai marketplace jual beli kendaraan yang tak hanya fokus menawarkan mobil saja, tetapi juga sepeda motor second lewat sub-domainnya Momotor.id. Sama seperti halnya layanan lain di dalam daftar ini, Momobil juga menyediakan akses kredit kendaraan yang secara khusus mendapat dukungan secara penuh oleh perusahaan Adira Finance.

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

The post [Update] Kumpulan Situs Jual Beli Mobil Terbaik di Indonesia appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Source: Inspirasi