CitCall Hadirkan Layanan Penyedia Password lewat Missed Call


Founder: Joel Kereh
Industri: telekomunikasi
Status pendanaan: menerima investasi dari angel investor

  • CitCall menyediakan layanan one time password (OTP) kepada para kliennya lewat sistem missed call.
  • OTP dikirim oleh CitCall menggunakan empat digit terakhir dari nomor telepon yang dipakai untuk menghubungi pengguna.
  • Sistem OTP lewat missed call diklaim lebih murah, serta dapat ditelusuri secara real time apakah diterima oleh pengguna atau tidak.

button ulasan startup


Sekitar Mei 2015, Joel Kereh mendirikan sebuah startup bernama CitCall yang saat itu menawarkan layanan pengukuran efektivitas offline marketing. Caranya, orang harus melakukan missed call ke nomor tertentu untuk mengetahui promo yang diberikan klien CitCall dalam bentuk SMS.

Model bisnis tersebut ternyata tak berkembang sesuai harapan. Hingga pada Desember 2016, Joel memutuskan melakukan pivot dan mengubah model bisnisnya menjadi penyedia layanan one time password (OTP) dengan sistem missed call. Layanan ini mereka hadirkan untuk menjawab kebutuhan pasar yang ingin membutuhkan sistem OTP, namun dengan harga lebih terjangkau.

Menurut Joel, sistem OTP yang mereka tawarkan berbeda dengan kompetitor yang rata-rata masih mengandalkan sistem SMS. Dengan OTP via missed call, CitCall bisa menawarkan harga yang lebih murah kepada klien. Sistem OTP sendiri mulai dilirik oleh sebagian penyedia layanan online karena lebih aman daripada sistem password konvensional, sehingga akun masing-masing pengguna tidak mudah dibobol oleh peretas.

Cara kerja sistem ini pun cukup mudah. Saat pengguna meminta dikirimkan OTP, maka CitCall akan menelepon ke nomor pengguna. Panggilan langsung terputus ketika telepon diangkat. Dari tampilan missed call itu, ada empat nomor terakhir yang dijadikan OTP agar pengguna bisa melakukan log in ke akun miliknya.

Pengguna hanya perlu memasukkan sederet nomor, alih-alih kombinasi huruf besar dan kecil plus beberapa karakter

Joel mengatakan sistem OTP lebih simpel dibanding password konvensional. Pengguna hanya perlu memasukkan sederet nomor, alih-alih kombinasi huruf besar dan kecil plus beberapa karakter seperti yang lazimnya terdapat pada persyaratan sebuah password.

“OTP paling efisien dan mudah. Cuma kenapa orang tidak banyak pakai OTP, karena faktor reliability,” ujar Joel. Kadang SMS tidak masuk, UX jelek. Kalau SMS tidak masuk-masuk, pengguna tidak bisa log in.”

Menerima telepon | Ilustrasi

Sumber gambar: Pexels

Monetisasi per panggilan masuk

Untuk menjawab kebutuhan pasar mengenai layanan OTP yang murah, CitCall menawarkan harga mulai dari Rp160 per panggilan masuk yang sukses. Model bisnis tersebut masih menjadi satu-satunya cara mereka melakukan monetisasi.

“Kalau SMS, tidak tahu apakah sudah diterima pengguna atau belum. Tapi kalau telepon, misalnya saat dihubungi ada pesan suara ‘nomor yang Anda tuju sedang sibuk,’ kita tahu dia belum terima OTP.”

 CitCall menerapkan sistem deposit layaknya orang membeli pulsa bagi calon klien yang tertarik menggunakan jasanya. Saat ini, mereka tak membatasi minimum nominal deposit agar calon klien bisa mencoba layanan lebih dulu. Selain itu, CitCall juga terbuka untuk menurunkan harga jika klien memakai layanan mereka dalam jumlah tertentu.

Tergantung penggunaannya. Kami lumayan fleksibel dan ingin efektif bagi klien.

Joel Kereh,
Founder dan CEO CitCall

Bersaing dengan layanan penyedia OTP lain

Saat ini ada juga penyedia layanan OTP lain yang masih menggunakan sistem SMS seperti Nexmo ataupun Jatis. CitCall juga menyediakan layanan serupa meski mereka tak ingin fokus mengembangkan produk tersebut.

OTP SMS yang disediakan CitCall hanya sebagai pelengkap dari layanan utama OTP missed call yang menjadi produk utama. Menurut Joel, hasil dari jualan OTP SMS juga tak terlalu signifikan lantaran penyedia OTP SMS juga sudah cukup banyak.

“Sekarang kami ada puluhan klien. Klien kami sekarang seperti Indogold, DataOn. Lalu ada juga yang sedang integrasi dengan kami seperti Akulaku dan Pinjam. Karena kami sistemnya business to business, jadi tak bisa secepat itu. Tapi per bulan pertumbuhannya ada dua sampai tiga klien baru,” kata Joel.

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan; Sumber gambar: Escaping)

This post CitCall Hadirkan Layanan Penyedia Password lewat Missed Call appeared first on Tech in Asia.

The post CitCall Hadirkan Layanan Penyedia Password lewat Missed Call appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Source: Inspirasi