skip to Main Content

Eventevent, Marketplace Acara dengan Fitur Live Streaming dan Profil Media Sosial


Founder: Deddy Wiryawan, Krisna Sudiro, Lulu Bong, Andi Setiawan
Industri: marketplace acara lokal
Status pendanaan: bootstrap

  • Eventevent memungkinkan siapa saja untuk memasarkan acara mereka dengan sistem self-service yang mudah, efisien, dan terjangkau.
  • Eventevent dibuat agar mampu mendorong komunitas terkoneksi secara sosial dan berkembang secara organik, sehingga bisa menciptakan platform yang scalable dari segi bisnis.
  • Beberapa fitur yang terdapat di platform Eventevent seperti Discovery yang terintegrasi dengan kanal pembayaran, profil media sosial khusus bagi para penggunanya, serta livestream event.

button ulasan startup


Awal karier Deddy Wiryawan memang berbeda dari profesinya saat ini sebagai entrepreneur di dunia bisnis digital. Pria lulusan International Design School (IDS) ini awalnya lebih banyak bersinggungan dengan industri kreatif. Ia terlibat dalam sejumlah proyek pengerjaan serial animasi global dan sebuah proyek game mobile. Hal ini membuatnya tertarik dengan pengaplikasian teknologi mobile dalam kehidupan sehari-hari.

Para founder kami memiliki kebutuhan yang besar akan informasi aktivitas hiburan di akhir pekan. Namun mereka menyadari bahwa begitu sulit untuk mendapatkan informasi seputar berbagai event yang berlangsung, terutama untuk acara berskala kecil dan menengah.

Deddy Wiryawan,
CEO Eventevent

Deddy, yang sedari tahun 2014 telah mengembangkan proyek aplikasi mobile untuk kebutuhan traveling dan menjalankan bisnis digital agency, tertarik mengembangkan platform khusus untuk mengatasi masalah yang dirasakan orang-orang di sekitar lingkungannya.

Di tahun 2016, Deddy pun mengajak istrinya, Lulu Bong, untuk mengembangkan konsep dan desain UI/ UX untuk aplikasi yang kemudian menjadi awal lahirnya Eventevent.

Marketplace event untuk segala kebutuhan

“Kami percaya dengan konsep open community driven platform. Inti dari platform event kami adalah hubungan sosial antara para pengguna di dalam platform kami, baik dari user to user, user to seller, hingga seller to seller,”  kata Deddy ketika ditanya perihal kelebihan platform Eventevent miliknya.

Dengan alasan tersebut, Deddy membangun platform yang mampu mendorong komunitas agar bisa terkoneksi secara sosial dan berkembang secara organik, sehingga bisa menciptakan platform yang scalable dari segi bisnis.

Eventevent sendiri dikembangkan sebagai aplikasi mobile marketplace untuk beragam layanan dan fasilitas beragam kegiatan acara di Indonesia, meliputi:

  • bazar
  • konser
  • workshop
  • pameran seni rupa
  • turnamen olahraga

Eventevent memungkinkan siapa saja untuk memasarkan acara mereka dengan sistem self-service yang mudah, efisien, dan terjangkau.

Dorong interaksi komunitas

Selain menyajikan fungsi Discovery yang terintegrasi dengan kanal pembayaran, aplikasi ini juga dibekali dengan mekanisme profil media sosial khusus bagi para penggunanya. Lewat penerapan fitur profil ini, para pengguna bisa memantau aktivitas orang tertentu serta melihat ragam acara yang mereka minati.

Salah satu kelebihan yang paling diutamakan Eventevent adalah fitur livestream event, sehingga para penyelenggara acara dapat merangkul pengunjung yang tidak sempat datang ke acara. 

Selain itu, EventEvent juga menyediakan beberapa fitur lainnya seperti:

  • Fitur pemesanan kursi di acara venue
  • Fungsi check-in kedatangan acara menggunakan kode QR
  • Pembuatan aneka jenis tiket secara simultan

Kenakan komisi dan kerja sama B2B

Di Indonesia sendiri, saat ini sudah ada beberapa platform yang menyediakan layanan agregat event sejenis seperti Eventevent seperti Sindhen, Goers, dan BookMyShow. Masing-masing dengan penawaran fungsi dan keunikan fitur mereka sendiri.

Sepanjang dua tahun perjalanan mereka, Eventevent diklaim telah menggaet pengguna lebih dari 10.000 orang dan lebih dari 2000 acara, baik acara publik dan privat.

Sejak bulan September 2017, Eventevent juga mengungkapkan bahwa pihaknya telah mengakomodasi penjualan lebih dari 5000 tiket acara dengan total nilai transaksi mencapai Rp500 juta. Pihak Eventevent sendiri memberlakukan komisi sebesar tiga persen atau sebesar minimal Rp5.000 untuk setiap pembelian tiket yang dipasarkan melalui aplikasi mereka.

event konser musik | ilustrasi

Di luar komisi penjualan tiket, Eventevent juga membuka kerja sama B2B untuk membantu para penyelenggara acara dalam menjalankan acara mereka, seperti:

  • produksi video
  • fotografi
  • pembuatan company profile
  • marketing
  • event management
  • human resource
  • penyusunan konsep acara

Ke depannya, Eventevent bertekad menjadi platform yang dapat mengintegrasikan sistem marketplace ke acara-acara di luar negeri.  Untuk merealisasikan hal tersebut, Deddy berencana memperkuat penetrasi mereka di pasar layanan agregat event dengan pendekatan komunitas serta strategi pemasaran di media sosial.

(Diedit oleh Septa Mellina)

This post Eventevent, Marketplace Acara dengan Fitur Live Streaming dan Profil Media Sosial appeared first on Tech in Asia.

The post Eventevent, Marketplace Acara dengan Fitur Live Streaming dan Profil Media Sosial appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Source: Inspirasi

Back To Top