[Flash] Fabelio Siapkan Inovasi Teknologi Usai Terima Investasi Rp91 Miliar

Inti berita

  • Startup e-commerce khusus jual beli furnitur, Fabelio, mengumumkan telah mendapatkan investasi baru sebesar US$6,5 juta (sekitar Rp91 miliar) dari beberapa investor yang dipimpin oleh Aavishkaar Frontier Fund (AFF). Venturra Capital dan Spiral Ventures juga ikut berpartisipasi dalam investasi tersebut.
  • Investasi ini merupakan pendanaan ketiga yang diperoleh Fabelio. Bila ditotal, Fabelio telah menerima investasi sebesar US$10 juta (sekitar Rp140 miliar) sejak mulai berdiri pada tahun 2015.
  • Pasca pendanaan ini, Co-Founder & CEO Fabelio Krishnan Menon menjelaskan pihaknya berencana fokus meningkatkan kepuasan konsumen melalui inovasi teknologi.
  • Contoh inovasi yang akan dihadirkan seperti menghubungkan riwayat perilaku konsumen ketika browsing di situs web Fabelio dengan showroom mereka. Hal ini akan mempermudah pegawai Fabelio yang berada di showroom untuk lebih cepat mengetahui apa yang dicari atau disukai konsumen sehingga bisa memberikan rekomendasi produk yang lebih tepat.
  • Inovasi teknologi lainnya yakni menghadirkan pengalaman menggunakan augmented reality (AR) kepada konsumen ketika sedang mencari furnitur. Hal ini akan mempermudah konsumen menerka apakah furnitur yang dipilihnya cocok untuk ruangan di rumahnya.
  • Rencananya, inovasi penggunaan AR akan dihadirkan Fabelio pada kuartal keempat 2018 atau pada tahun 2019. Sebagai informasi, inovasi serupa juga dilakukan Ebay demi membantu penjual memilih boks terbaik yang akan digunakan untuk mengemas barang pesanan pembeli.
  • Dana investasi terbaru ini juga akan digunakan untuk mengembangkan jangkauan Fabelio secara geografis hingga menawarkan produk lebih beragam melalui private label dan marketplace yang dikurasi.
  • Menon juga memastikan pihaknya akan menghadirkan fitur tukar tambah furnitur pada bulan Juli atau Agustus 2018. Dengan fitur ini, pengguna bisa sekaligus menjual furnitur lama mereka ketika membeli produk Fabelio. Sebagai permulaan, fitur ini akan diterapkan dalam empat atau lima kategori produk. Namun ke depannya fitur tersebut akan dihadirkan di semua kategori.

Contoh produk furnitur di showroom Fabelio | Photo

Fakta penting lainnya

  • Setelah menghadirkan showroom di wilayah pulau Jawa, Fabelio juga berencana membuka showroom baru dan gudang penyimpanan produk di luar Jawa pada 2019. Beberapa daerah yang dipilih sebagai lokasi showroom mereka seperti di Medan, Makassar, Balikpapan, dan Palembang.
  • Untuk menghadirkan pelayanan lebih dibanding para kompetitornya, Fabelio juga memiliki diferensiasi layanan berupa jasa desain interior baik untuk konsumen biasa (melalui program Home by Fabelio), ataupun konsumen perusahaan.
  • Selain Fabelio, saat ini ada beberapa platform e-commerce lain yang menawarkan produk furnitur seperti Livaza ataupun BeliFurniture.

(Diedit oleh Septa Mellina)

This post [Flash] Fabelio Siapkan Inovasi Teknologi Usai Terima Investasi Rp91 Miliar appeared first on Tech in Asia.

The post [Flash] Fabelio Siapkan Inovasi Teknologi Usai Terima Investasi Rp91 Miliar appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Source: Inspirasi