DaddySuperClean, Aplikasi Pemesanan Jasa Pembasmi Tungau Debu di Tempat Tidur
Founder: Eka Prasanya
Industri: jasa
Status pendanaan: bootstrapping
- Layanan DaddySuperClean tersedia Jakarta, Surabaya, dan Sangatta Kutai Timur. Saat ini, mereka bisa menerima sekitar enam puluh pesanan setiap bulannya.
- Untuk memenangkan persaingan, DaddySuperClean berusaha memberikan pelayanan yang maksimal, memudahkan pemesanan dengan WhatsApp dan aplikasi mobile, serta memberikan reward point yang bisa digunakan saat pemesanan berikutnya
Pada tahun 2016 yang lalu, seorang ayah yang bernama Eka Prasanya merasa khawatir dengan kulit anaknya yang tiba-tiba menjadi merah ketika tidur. Ia akhirnya tahu bahwa masalah tersebut disebabkan kotoran dan hewan kecil bernama tungau debu (dust mite) yang memang sering ada di tempat tidur.
Eka pun mencari solusi terhadap masalah tersebut, dan menemukan sebuah layanan pembersih kasur dengan vakum yang bisa menghilangkan tungau debu dan bakteri lainnya. Solusi tersebut biasa dikenal dengan istilah Hydro Cleaner. Merasa bahwa layanan tersebut juga dibutuhkan oleh banyak orang lain, ia pun melihat sebuah potensi bisnis.
“Di bulan Januari 2017 akhirnya saya memutuskan untuk berhenti dari pekerjaan saya sebagai Business Development Manager di sebuah perusahaan, dan mendirikan layanan pembersih tungau debu bernama DaddySuperClean,” ujar Eka kepada Tech in Asia Indonesia.
Eka sendiri merupakan lulusan S2 (Master) dari PPM School of Management. Namun sebelumnya, ia juga pernah mengenyam pendidikan IT di President University dan pernah bekerja sebagai developer. Itulah mengapa Eka kemudian berusaha mengembangkan layanan DaddySuperClean tersebut dengan bantuan teknologi.
“Saat ini, kami adalah satu-satunya layanan pembersih Hydro Cleaner yang mempunyai aplikasi mobile,” tutur Eka.
Apa itu Hydro Cleaner/ Hydro Vacuum?
Berbeda dengan layanan pembersih biasa yang hanya menggunakan sapu dan sikat, Hydro Cleaner (Hydro Vacuum) menggunakan alat semacam vacuum cleaner yang dilengkapi dengan sikat berputar (Power Brush). Udara yang dihisap kemudian akan disaring dengan penyaring khusus yang bisa menangkap bakteri, jamur, serta tungau debu.
Metode pembersihan ini dilakukan secara kering, sehingga kamu bisa langsung menggunakan ranjang, sofa, dan karpet yang baru saja dibersihkan.
“Idealnya, ranjang harus dibersihkan setiap dua hingga tiga bulan sekali, sebelum ada kejadian gatal atau bersin. Namun kebanyakan konsumen baru memesan layanan kami ketika mereka merasakan gejala-gejala tersebut,” jelas Eka.
Awalnya, DaddySuperClean hanya tersedia di Jakarta. Namun Eka kemudian menggandeng mitra lokal untuk membuka layanan tersebut di Surabaya pada bulan Juli 2017, serta di Sangatta Kutai Timur pada bulan Agustus 2017. Saat ini, mereka bisa menerima sekitar enam puluh pesanan setiap bulannya.
Pengalaman membersihkan kantor Panglima TNI
Selama mengembangkan DaddySuperClean, Eka mengaku pernah mengalami beberapa kejadian unik, termasuk pengalaman membersihkan kantor Panglima TNI. Kejadian tersebut bermula dari sebuah pesanan yang ia terima di hari minggu sore, di saat ia tengah bersantai.
“Dia minta saat itu juga, karena mendesak. Akhirnya saya pikir tidak apa-apa, sekalian membantu orang,” kenang Eka yang kemudian langsung melakukan pembersihan seperti yang diminta. Saat itu, ia belum mempunyai banyak karyawan dan masih harus ikut melakukan pembersihan.
Beberapa bulan kemudian, di saat ia telah mempunyai karyawan, kembali ada pesanan yang juga mendesak. Padahal, saat itu mereka sedang kelelahan akibat jadwal pembersihan yang padat. Namun Eka dan tim akhirnya tetap menerima pesanan tersebut. Mereka kemudian kaget, karena lokasi yang diminta untuk dibersihkan adalah kantor Panglima TNI di Cilangkap.
“Saat berbincang dengan asisten Panglima TNI yang melakukan pemesanan, ternyata ia berteman dengan pelanggan yang beberapa bulan lalu memesan layanan mereka secara mendadak tersebut,” ujar Eka.
Selain itu, Eka juga menceritakan beberapa kisah lain, seperti konsumen yang minta diantarkan beli semen, staf pembersih yang dikurung di kamar karena tiba-tiba ada tamu penting datang, hingga konsumen yang mengira mereka bisa menyedot air di dalam kasur.
Tantangan dalam menjaga kualitas
Saat ini, DaddySuperClean telah mempunyai lima anggota tim di Jakarta, tiga di antaranya merupakan staf pembersih. Eka mengakui bahwa tantangan terbesar mereka adalah menjaga kualitas layanan yang baik. Itulah mengapa ia memilih untuk mempunyai staf pembersih sendiri.
Sejauh ini, Eka masih menjalankan DaddySuperClean dengan dana pribadinya. Ia mengaku pernah mendapat tawaran investasi, namun ia tolak karena perbedaan visi.
Di Indonesia sendiri telah ada beberapa perusahaan yang menghadirkan layanan serupa, seperti HydroClean. Kamu pun bisa mencari layanan seperti itu di marketplace jasa seperti Sejasa. Namun Eka menganggap bahwa banyaknya kompetitor merupakan hal yang baik, karena artinya ada banyak konsumen yang bisa mendapat pelayanan pembersihan tersebut.
“Kami sendiri berusaha memenangkan persaingan dengan memberikan pelayanan yang maksimal, memudahkan pemesanan dengan WhatsApp dan aplikasi mobile, serta memberikan reward point yang bisa digunakan saat pemesanan berikutnya,” pungkas Eka.
(Diedit oleh Septa Mellina)
The post DaddySuperClean, Aplikasi Pemesanan Jasa Pembasmi Tungau Debu di Tempat Tidur appeared first on Tech in Asia Indonesia.
Source: Inspirasi