[Infografik] Kronologis Pendanaan yang Diterima Grab dan GO-JEK

Pada 2 Agustus 2018 lalu, Grab mengumumkan telah mendapat pendanaan terbaru senilai US$2 miliar (sekitar Rp29 triliun). Namun mungkin ada yang bertanya-tanya, bukankah mereka baru mendapat pendanaan US$1 miliar (sekitar Rp14,5 triliun) dari Toyota beberapa waktu lalu? Apakah artinya mereka mendapat pendanaan total US$3 miliar (Rp43,5 triliun)?

Jawabannya adalah tidak. Pendanaan yang diterima Grab dari Toyota, merupakan bagian dari pendanaan yang baru diumumkan ini. Sehingga secara total mereka hanya mendapatkan US$2 miliar, bukan US$3 miliar.

Pertanyaan serupa sempat muncul ketika pesaing mereka, GO-JEK, mengumumkan pendanaan terbaru pada Januari 2018 lalu. GO-JEK dan para investornya memutuskan untuk mengumumkan pendanaan itu secara terpisah, serta tidak dalam waktu yang bersamaan.

Akhirnya, banyak yang mengira GO-JEK mendapat beberapa kali pendanaan. Padahal, menurut Crunchbase, semua investor tersebut tergabung dalam satu putaran pendanaan dengan total nilai US$1,5 miliar (sekitar Rp21,5 triliun). Angka tersebut bisa berbeda dengan angka sebenarnya, karena GO-JEK memang tidak mengumumkan secara resmi total nominal pendanaan terbaru yang mereka terima.

Untuk memudahkan, Tech in Asia Indonesia berusaha merangkum semua pendanaan yang dipublikasikan oleh Grab dan GO-JEK hingga saat ini. Pendanaan yang jumlahnya semakin lama semakin besar ini seperti menunjukkan betapa ketatnya persaingan kedua startup tersebut untuk merebut pasar Asia Tenggara, terutama Indonesia.

Pendanaan Grab GO-JEK 2

 

Selain dalam hal pendanaan, Grab dan GO-JEK pun menjalani “perang” yang sengit di beberapa hal lain, seperti:

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

This post [Infografik] Kronologis Pendanaan yang Diterima Grab dan GO-JEK appeared first on Tech in Asia.

The post [Infografik] Kronologis Pendanaan yang Diterima Grab dan GO-JEK appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Source: Inspirasi