3 Strategi DOKU Tingkatkan Pengguna Layanan DOKU Wallet

DOKU, perusahaan penyedia layanan pembayaran elektronik dan pemilik produk DOKU Wallet, memiliki beberapa strategi untuk bersaing dengan penyedia layanan dompet digital (e-wallet) ataupun uang elektronik (e-money) lain. Berbagai strategi itu memiliki satu tujuan, yakni membangun ekosistem penggunaan DOKU Wallet dalam transaksi offline.

Menurut VP Business Merchant DOKU, Rizki Siwu, DOKU Wallet selama ini lebih banyak bermain di ranah online. Layanan mereka untuk transaksi offline masih kurang mendapat awareness karena belum ada ekosistemnya.

Lantas, apa saja strategi yang telah dijalankan DOKU sehingga mampu bersaing dengan kompetitor? Berikut penjelasan selengkapnya.


Program #sohibDOKU

Booth DOKU di acara Santan Coolinair

Booth DOKU di acara Santan Coolinair

Bani Arya selaku Marketing Communication Manager DOKU menjelaskan bahwa strategi pertama yang diterapkan DOKU untuk membangun ekosistem DOKU Wallet yakni dengan menjalankan program #sohibDOKU. Mereka yang mendaftar dalam program ini akan menjadi agen DOKU untuk menjelaskan mengenai layanan DOKU Wallet kepada orang-orang di sekitarnya.


Bermitra dengan layanan transportasi dan e-commerce

Strategi selanjutnya yakni dengan menjadi mitra untuk pembayaran layanan transportasi seperti kereta api. Selain itu, Bani mengatakan DOKU juga memperluas layanan DOKU Wallet untuk pembayaran online seperti bekerja sama dengan beberapa e-commerce. “Sekarang bisa digunakan untuk pembayaran di Lazada. Mungkin ke depannya bisa untuk pembayaran di JD.ID, Ali Express, Bukalapak,” ujar Bani.


Fitur kode QR

DOKU berencana mengeluarkan fitur kode QR yang mereka buat sendiri Demi membangun ekosistem sekaligus meningkatkan penggunaan DOKU Wallet ketika bertransaksi offline. Sebelumnya mereka juga sudah menggandeng DIMO sebagai sebagai mitra untuk pembayaran menggunakan kode QR.

Menurut Bani, fitur tersebut lebih mengarah untuk memperbanyak daftar merchant yang menerima pembayaran menggunakan kode QR. “Dimo cari merchant, kami juga,” ujar Bani.


Bani menambahkan, pihaknya ingin kembali berpartisipasi dalam acara-acara bertema wisata kuliner untuk membentuk ekosistem penggunaan DOKU Wallet dalam transaksi offline. Seperti pada September 2017 lalu, ketika DOKU berkolaborasi bersama AirAsia dalam acara Santan Coolinair. Pengunjung pada acara tersebut bisa melakukan pembayaran dengan menggunakan fitur kode QR yang tersedia di DOKU Walllet.

Layanan uang elektronik lain yang tengah mengembangkan fitur kode QR adalah GO-JEK dengan GO-PAY miliknya. GO-PAY pada awalnya membangun ekosistem pembayaran untuk layanan GO-JEK milik mereka sendiri. GO-JEK berencana memperluas layanan GO-PAY ke luar aplikasi sehingga bisa digunakan untuk melakukan pembayaran lainnya.

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

The post 3 Strategi DOKU Tingkatkan Pengguna Layanan DOKU Wallet appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Source: Inspirasi