Strategi VROffices Tawarkan Konsep Berbeda dari Co-working Space Lain


Founder: Kunal Singla
Industri: co-working space
Status pendanaan: telah menerima seed funding

  • VROffices menyediakan layanan untuk membantu klien meningkatkan skala bisnis, mulai dari menyediakan konsultasi bisnis, membantu anggota melakukan validasi bisnis, hingga menghubungkan dengan perusahaan modal ventura.
  • Co-working space yang dikelola oleh Kunal Singla ini terletak di TCC Batavia Jakarta Pusat dengan biaya mulai dari Rp2,5 juta per bulan untuk tiap satu orang.

button ulasan startup


Pada umumnya, para pengelola co-working space menawarkan solusi efisiensi biaya kepada calon-calon klien mereka. Meski menawarkan biaya sewa ruangan yang terjangkau, tak semua co-working space bisa mendukung klien dalam hal meningkatkan skala bisnis.

Hal ini dilihat sebagai peluang oleh Kunal Singla, sehingga ia mulai mendirikan VROffices di Indonesia pada April 2017. VROffices merupakan sebuah co-working space yang mengusung konsep berbeda, karena tak fokus menyediakan cost saving solution pada klien yang menyewa ruangan di tempat mereka.

Fokus tingkatkan skala bisnis para klien

Menurut Singla, hingga kini belum ada pihak yang mengelola co-working space untuk menjawab tantangan sebenarnya yang dihadapi para pelaku startup di Indonesia. Sebagian besar hanya meniru dari pasar di Amerika Serikat.

Perilaku bekerja manusia Indonesia sangat berbeda dibanding Amerika Serikat dan Eropa. Singla pun menyebut VROffices sebagai hybrid co-working space karena memiliki tujuan untuk membantu meningkatkan kemungkinan sukses sebuah startup atau perusahaan yang menjadi kliennya.

Founder VROffices, Kunal Singla (paling kiri) | Photo

“Kami ingin menyelesaikan permasalahan bisnis di Indonesia dengan fokus pada revenue generation sehingga membantu mempercepat pertumbuhan dan menyelesaikan tantangan kompleks pada bisnis yang sedang berkembang,” ujar Singla selaku founder VROffices.

Karena fokus membantu klien meningkatkan skala bisnis, VROffices tak menyediakan ruang untuk kebutuhan seminar seperti co-working space pada umumnya. Mereka lebih memilih membantu klien melakukan validasi bisnis model, konsultasi bisnis, hingga menghubungkan dengan perusahaan modal ventura.

Kami memiliki ambisi startup unicorn selanjutnya lahir dari workspace kami.

Kunal Singla,
Founder VROffices

Hybrid co-working space ini akan merevolusi bagaimana co-working space bekerja. Dari pendekatan cost saving ke revenue growth, sebagai tempat untuk membangun perusahaan sukses,” lanjut Singla. “Kami akan membantu klien mengakselerasi pertumbuhan konsumen dan pendapatannya.”

Terbuka untuk siapa saja

Singla mengatakan pihaknya tak membidik segmen tertentu. Menurutnya, siapa saja yang memiliki tujuan untuk meningkatkan bisnisnya, bisa menggunakan layanan mereka. Termasuk dari kalangan usaha kecil menengah (UKM) di daerah lain yang ingin membuka perwakilan di Jakarta.

“Mereka bisa menerima klien atau konsumen dengan fasilitas kantor yang bagus dengan biaya kompetitif,” ucapnya. Harga yang ditawarkan VROffices saat ini mulai dari Rp2,5 juta per bulan untuk setiap orang.

Sumber pendanaan VROffices sepenuhnya berasal dari PT Virema Impex yang merupakan perusahaan induk mereka. Setelah membuka co-working space di TCC Batavia Jakarta Pusat, VROffices juga memiliki rencana membuka co-working space baru di daerah Jakarta Selatan dengan luas 2.000 meter persegi.

Ruangan kerja di VROffices | Photo

Sediakan analytic tool guna tingkatkan produktivitas

Demi membantu klien meningkatkan skala bisnis, VROffices menyediakan analytic tool yang dibekali teknologi machine learning di tiap ruangan untuk mengukur produktivitas bekerja.

“Kami memiliki dashboard yang menampilkan data tersebut. Namun saat ini dashboard tersebut belum bisa diakses langsung oleh klien. Tetapi jika mereka meminta, bisa kami berikan datanya.”

Sebagai contoh, analytic tool ini bisa merekam berapa lama durasi karyawan bekerja di ruangan tersebut, dan berapa lama ia meninggalkan ruangan. Dengan data tersebut, VROffices bisa memberikan masukan kepada kliennya demi meningkatkan produktivitas kerja tim.

Tak kuatir bersaing

Selain VROffices, saat ini cukup banyak penyedia co-working space di Indonesia yang menawarkan beragam konsep. Seperti Greenhouse yang mengusung konsep penthouse, hingga Fintech Space besutan UnionSpace dan AFTECH yang dikhususkan untuk pelaku fintech.

Meski begitu, Singla merasa VROffice tak bersaing dengan co-working space  yang sudah lebih dulu beroperasi di Indonesia karena pihaknya menawarkan konsep yang berbeda. “Kami bersaing dengan diri kami sendiri untuk menyediakan solusi yang lebih baik,” ucapnya.

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

This post Strategi VROffices Tawarkan Konsep Berbeda dari Co-working Space Lain appeared first on Tech in Asia.

The post Strategi VROffices Tawarkan Konsep Berbeda dari Co-working Space Lain appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Source: Inspirasi